Memperbaiki HP Android Lemot Banget Begini Caranya

HP Android Lemot

Cara mengatasi Hp lemot android dengan cara yang mudah dan simple, seperti bahasan kali ini dari ngasihinfo untuk sobat semua. Memang jika handphone atau smartphone sobat mempunyai masalah seperti lemot,lag,ngehang akan menjadikan kamu sangat badmood, padahal spesifikasi HP sudah mumpuni seperti punya RAM besar, dari 2 GB sampai Hp RAM 8 GB bahkan lebih. Namun RAM besar tidak akan membantu mengatasi kelemotan karena beberapa faktor masalah pada handphone.

Cara Memperbaiki HP Android Lemot

Nah disini kita akan coba mencari tahu apa penyebab HP android lemot, misalnya seperti lamanya pemakaian, aplikasi, hingga faktor eksternal seperti guncangan, cipratan air, atau tekanan. Jadi, agar bisa tetap enak dalam menggunakan hape Android sehingga tidak menjadi lemot yuk simak tipsnya:

1. Banyak Aplikasi

Jika memiliki banyak aplikasi di handphone kemungkinan akan membuat handphone lemot salah satunya adalah aplikasi berjalan di background sehingga memakan banyak memori, terlebih lagi jika ada satu aplikasi yang sering update seperti game. Jadi sangat disarankan pakai aplikasi sesuai kebutuhan dan hapus aplikasi yang tidak perlu.

2. Matikan Aplikasi yang Berjalan Otomatis

Kebanyakan dari aplikasi Android berjalan dengan otomatis dari background, lalu bagaimana jika tidak bisa di uninstal atau dihapus, seperti app bawaan hp

Caranya sobat bisa menghentikan aplikasi bloatware dengan cara Disable dengan masuk ke menu Pengaturan lalu pilih tab Application kemudian klik Disable. Opsi kedua yaitu melalui menu AutoStart untuk membatasi aplikasi mana saja yang diizinkan untuk berjalan secara otomatis. Atur aplikasi apa saja yang bisa berjalan di balik layar, sehingga kamu bisa menghemat banyak kapasitas RAM.

3. Update Sistem dan Aplikasi

Di setiap pembaruan software, pastinya ada perbaikan dari masalah aplikasi terdahulu, penambahan fitur, dan keamanan yang lebih baik. Oleh karena itu, pastikan kamu selalu mengecek pembaruan OS ataupun aplikasi yang diinstal dari Play Store. Karena selain bisa memberikan pengalaman yang lebih baik saat digunakan, aplikasi yang terupdate bisa membantu hape kamu berjalan lebih cepat.

Perbaharui sistem operasi hp Android sobat, caranya melalui menu Setting (Pengaturan), lalu cari menu About (tentang) kemudian System Update. Pilih Check for Updates yang berfungsi mencari pembaruan sistem atau tidak.

Jika ada, kamu hanya perlu mengikuti instruksi di layar untuk update sistem melalui internet. Cara lain adalah melalui Play Store, kemudian pilih menu “My Apps & Games” atau “Aplikasi Saya” dan Permainan.” lalu, tekan tombol “Update All” untuk perbarui semua aplikasi yang kamu instal dari Play Store.

4. Bersihkan Cache Atau Sampah

Pengertian Cache merupakan data sementara dari aplikasi yang sedang atau pernah kamu pakai. Dengan Cache, hape Android bisa lebih cepat membuka aplikasi karena data-data yang dibutuhkan sudah diakses. Namun di balik besarnya manfaat data cache, tersimpan kekurangan yang bisa membuat hape Android kamu semakin lemot.

Berbagai pabrikan hape Android, menawarkan beragam cara untuk membersihkan memori cache. Salah satunya adalah dengan cara masuk ke Setting, lalu ke App, dan lalu ke All. Setelah itu pilih menu Clear Cache untuk membersihkan data cache yang tak lagi dibutuhkan.

5. Factory Reset/Format Ulang

Jjika masih meneukan kesulitan atau sudah mencoba cara diatas namun blum berhasil maka sobat harus menggunakan cara dengan factory reset atau format ulang. Kemungkinan cara ini akan menghapus semua aplikasi, data, virus, dan pengaturan yang tidak tepat ke settingan awal (pabrik). lalu, jika melakukan format ulang dipastikan akan menghapus data-data dan hanya menyisakan data dari bawaan handphone.

Agak beresiko memang, jadi sangat disarankan, sebelum melakukan cara memformat ulang atau factory reset pada hp, backup terlebih dahulu ke MicroSD atau hard disk pada pc maupun laptop. Setelah semua data sudah berpindah dan aman silahkan restore atau simpan di hp yang sudah kembali normal.

Kesimpulan

Walaupun mempunyai kapasitas RAM & memori internal pada hp mumpuni kemungkinan dengan pemakaian yang berlebihan dan umur hp sudah lama hal seperti lemot,hang,lag akan sering terjadi.

Jadi lakukan cara di atas agar bisa menjaga Hp Android lemot bisa selalu baik performanya sehingga bisa digunakan dan awet .

Kasih Info Ke Yang Lain