Lompat ke konten

Jangan Memulai Usaha Sampingan Sebelum Baca ini

Memulai Usaha Sampingan

Banyak hal dan pertimbangan yang harus dipahami sebelum mulai usaha sampingan, lalu apa saja itu, berikut rangkumannya.

Pertimbangan Memulai Usaha

Sangat penting sekali mempunyai akal sehat untuk memeriksa jia ada tawaran bisnis atau usaha. Apakah tingkat keuntungan yang ditawarkan masuk akal atau tidak.

Diberikan penawaran dengan Keuntungan tinggi dalam waktu singkat bisa jadi peringatan, jangan sampai penawaran itu merupakan tipu daya yang membuat kerugian.

Namun masih banyak orang-orang dengan pengetahuan minim tergiur dengan janji manis mengenai keuntungan yang tinggi. Sehingga uang pun habis bahkan lenyap ketika bisnis atau usaha itu ternyata bodong. Maka itu perlu di observasi terlebih dahuklu mengenai penawaran terkait usaha dan legalitasnya.

Kuasai Bisnisnya

Mengenai Usaha sampingan haruslah bidang bisnisnya adalah yang kita pahami luar dalam. Tahu seluk beluknya, hafal lekak-lekuknya luar kepala, dan memahami betul ‘end to end’ prosesnya.

Kenapa?

Karena saat usaha mengalami masalah, kita tahu penyebab dan solusi nya.

Usaha akan sulit berhasil jika solusi bergantung pada orang lain. Jika suatu ketika bisnis dalam kesulitan dan anda tidak tahu kesulitannya apa, saatnya berpikir ulang dan memilih, segera belajar supaya paham atau cabut dari usaha tersebut.

Sebagai pemilik, penting bagi kita untuk bisa menganalisa dan mencarikan jalan keluar atas segala problem yang menimpa usaha tersebut.

Ketika sebuah usaha sampingan menghadapi masalah yang berujung pada kerugian seseorang Hanya bisa pasrah. Akhirnya, usaha tutup tanpa bisa berbuat banyak.

Monitoring

Syarat ini pun menjadi kewajiban, yaitu harus selalu memonitor perkembangan maupun penurunan lebih dalam secara langsung. Artinya, Sebagai pemilik haruslah hadir dan melihat eksekusi serta operasional usaha dari dekat. Bisa melihat langsung bagaimana bisnis tersebut dijalankan sehari – hari.

Bukan suatu bisnis yang lokasinya jauh atau terpencil sehingga tidak bisa dilihat secara langsung dan rutin.

Dengan mengunjungi dan memantau secara rutin, tindakan yang cepat bisa diambil jika kesulitan datang. Proses belajar dan transfer knowledge juga lebih efektif. Jadi, pemahaman atas tantangan dan strategi mengatasinya juga dapat cepat dibangun.

Kesimpulan

Jika Anda ingin memulai usaha sampingan siapkan hal yang penting. Jangan mudah tergiur tawaran yang menjanjikan keuntungan selangit dalam waktu cepat.

Ingat, bisnis dan usaha itu bukan pekerjaan mudah. Makanya, lebih banyak pengusaha gagal dibandingkan pengusaha sukses. Selalu kritisi dengan cermat dan gunakan akal sehat sebelum menanamkan uang di usaha apapun.

Bagikan artikel Via