Bagaimana Cara Wirausaha Mendapatkan Modal Usaha

Bagaimana Cara Wirausaha Mendapatkan Modal Usaha

Ada banyak alasan Bagaimana Cara Wirausaha Mendapatkan Modal Usaha. pertanyaan ini paling sering muncul di benak para pemula bahkan untuk pengusaha yang sudah mapan.

Untuk mendapatkan modal usaha bisa didapatkan dari kerja, Asset, penggadaian, pinjaman, orang terdekat dan partner usaha atau pemodal. Pewirausaha cenderung memilih pinjaman ketika mereka bisa, karena sulit bagi mereka untuk mendapatkan pinjaman bisnis dari yang lainnya. Lalu bagaimana caranya Simak tips berikut ini

Cara Mendapatkan Modal Usaha

1. Kerja & Menabung

Langkah pertama bagi anda yang ingin memulai usaha tapi tidak punya modal adalah dengan cara bekerja terlebih dahulu sehingga bisa mendapatkan penghasilan atau gaji yang bisa di tabung untuk modal usaha. Kerja apa saja seperti jadi karyawan ataupun serabutan. Dengan menyisihkan penghasilan dari bekerja selama tiap bulan, Anda bisa melihat hasil dari menabung dan bisa untuk modal usaha asalkan konsisten dan mempunyai rencana yang tertarget untuk memulai usaha, bahkan jika pada waktunya, Anda bisa bekerja dan membuka usaha, cukup menarik bukan. Bagi Anda yang tidak mau bekerja namun ingin langsung mempunyai usaha silahkan dilanjut bacanya.

2. Modal Usaha Dari Menjual Aset

Bagi yang tidak bekerja dan ingin memulai usaha, Anda bisa mendapatkan modal usaha dari menjual aset seperti: Kendaraan, Properti, dan aset apapun yang kira-kiranya bisa dijadikan modal. Cara ini tidak jauh beda dengan menggunakan uang dari menabung.

Namun perlu diperhatikan dalam menjual aset untuk modal usaha jangan sembarangan. Perhitungkan untung ruginya sebelum menjual aset. Jangan sampai kemudian cara ini membuat Anda kerepotan. Disisi lain ketika bisnis mulai berjalan lancar, otomatis hal ini akan memudahkan Anda untuk mengembalikan aset tersebut. Lalu bagaimana jIka tidak ingin menjual Aset? lanjut baca yah!

3. Menggadaikan Aset

Bagi anda yang tidak ingin menjual aset untuk modal usaha karena alasan apapun, bisa coba dengan menggadaikannya. Cara ini banyak dipakai para pengusaha pemula karena cukup efektif dan bisa memberikan modal usaha. Walaupun harganya tidak sesuai keinginan, namun aset Anda masih utuh dan bisa di ambil kembali jika sudah punya keuntungan dalam usaha.

Bagi anda yang tidak ingin menjual aset untuk modal usaha karena alasan apapun, bisa coba dengan menggadaikannya. Cara ini banyak dipakai para pengusaha pemula karena cukup efektif dan bisa memberikan modal usaha. Walaupun harganya tidak sesuai keinginan, namun aset Anda masih utuh dan bisa di ambil kembali jika sudah punya keuntungan dalam usaha.

4. Mencari Pinjaman Modal Usaha

Bagi kebanyakan orang tidak selalu memiliki aset, lalu bagaimana cara mendapatkan modal usaha tanpa menjual dan menggadaikan aset?

anda bisa mengajukan pinjaman untuk mendapatkan modal usaha. Dari mana bisa mendapatkan pinjaman? banyak sekali diluar sana seperti pinjaman offline dan online asalkan memilih dengan tepat agar bisa membantu memberikan pinjaman modal usaha.

Pilihlah pinjaman online yang sudah terdaftar di ojk dan mempunyai legalitas yang terpercaya. Setiap bulannya, OJK merilis jumlah penyelenggara fintech peer to peer lending yang terdaftar dan berizin. Hingga 14 Agustus 2020 ada sebanyak 157 perusahaan yang sudah terdaftar bisa lihat dan chek disini

4. Meminjam Kepada Orang Terdekat

Jika meminjam dari pinjaman online atu offline masih belum bisa diusahakan cobalah untuk mengajukan pinjaman kepada orang terdekat seperti keluarga, saudara ataupun teman. Hampir sama dengan pinjaman bank namun bebas bunga. Mengajukan pinjaman kepada teman maupun keluarga bentuknya bisa berupa ekuitas juga hutang. Jika bentuknya hutang, anda wajjib melunasinya pada tepat waktu.

jika modal usaha berbentuk ekuitas, alangkah baiknya jadikan sebagai saham dari bisnis yang Anda jalankan kepada mereka. Jenis ini mempunyai resiko yang kecil. Tetapi jika usaha Anda ternyata gagal, kemungkinan yang terjadi hubungan dengan teman atau keluarga jadi kurang baik. Sebelumnya Anda harus menjelaskan terlebih dahulu tentang usaha dan buat perjanjian agar tidak terjadi kesalahpahaman di masa yang akan datang.

4. Mencari Rekan Usaha

Jika sudah mendapatkan sedikit dana dari keluarga, teman, atau saudara. Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan untuk menambah modal usaha yaitu mencari partner bisnis. Banyak yang melakukan Cara ini karena sangat efektif bagi Anda yang hanya memiliki modal sedikit dan pastinya rekan usaha anda harus mempunyai pandangan dan komitmen yang sama agar usaha bisa dijalankan dengan baik.

Jadi kesimpulan di atas, bahwa Cara Wirausaha Mendapatkan Modal Usaha itu gampang-gampang susah namanya juga usaha, jadi teruslah berusaha dan berdoa jangan mundur pasti ada jalan.

Kasih Info Ke Yang Lain